Asus Zenfone 5 Hanya Logo Intel Yang Muncul

Sharing sedikit nih buat sobat yang mengalami masalah dengan Asus Zenfone 5 yang stuck logo intel.

Awal ceritanya smartphone yang admin gunakan yaitu Asuz Zenfone 5 sudah admin pakai sekitar 2 tahunan, Nah selama dua tahun ini admin sering kalai otak atik nih HP salah satunya upgrade frimware dari kitkat ke lolipop os Android.

Nah sekitar sudah dua tahunan admin pake nih hp dan selalu oprek oprek eh salah otak atik hp pada sekitar oktober 2016 silan nih hp mulai rada rada nga beres salah satunya suka nge hank sendiri tapi maslah ini bisa admin pecahkan sendiri dengan cara wipe ulang system atau istilahnya factory reset dan hampir 4 kali factory reset kalau nga salah. Bahkan sempat admin instal ulang os dikarenakan pada waktu itu bootlop berhenti di posisi logo atau gagal booting gagal starup namun masalah ini admin juga bisa menyelesaikannya dengan cara menginstal ulang os Androidnya.

Nah singkat ceritanya pada waktu sering kali hp admin pake teasa sangat lemot tapi pada momory selallu penuh padahal program yang admin tidak pakai admin nonaktifkan dan karena admin mulai curiga pada penyimpanan yang selallu penuh padahal file file media seperti foto,musik,apps, sudah admin pindahkan ke kartu memori dan aplikasi juga sudah admin pindahkan ke kartu memori dan aplikasi yang admin gunakan tidak begitu banyak kecuali aplikasi bawaan Asuz sendiri.

Pada hari berikutnya hp yang admin pakai masih rada rada lemot namun tidak ada masalah dengan system, Kebetulan admin lupa mengisi batrai atau mengecas hp dan tiba tiba hp hank dan admin coba matikan dengan cara paksa dan menunggu sekitar 1 menitan sebelum admin hidupkan kembali, stetlah satu menit admin coba idupkan kembali ternyata hp kumat lagi penyakit lamanya yaitu tidak bisa starup atau bootloop. Tanpa piki panjang admin matikan kembali hp tersebut dan mencoba masuk ke mode recovery mode dengan menekan tombol vol up + tombol power setelah masuk ke menu droidboot dan memilih menu factory reset - wipe all data debgan harapan masalah bisa langsung selesai, Namun setelah admin pilih factory reset apa yang terjadi? ternyata masalh baru muncul factory reset tidak berkerja malahan ada pesan error baru yang muncul yaitu E: Falied To Mount System/Data/.

Nah darisini lah semua menjadi kacau dan mulai panik, tidak putus asa admin coba terus lakukan pencarian penyelesaian dengan mbah Google namun tidak berhasil akhirnya admin pasrah dan coba untuk pergi langsung ke Asus Servive Center serminya dan dikenakan biaya pemeriksaan 50rb ditunggu 3 hari kerja ya udahlah nga apa apa.

Setelah admin pergi ke Service Center remi Asus akhirnya admin pulang katanya akan dikarkan stelah pemeriksaan oleh team service asus, Ke esokan harinya admin ditelpon kebetulan admin punya hp cadangan Blacbbery jadul dan dikasih kabar kalau hp Asus Zenfone 5 yang admin keluhkan tidak bisa diperbaiki dan katanya harus ganti mesin dan biaya ganti mesin sekitar 800K an, "waduh mahal juga" dalam hati, Akhirnya admin memutuskan untuk tidak melakukan ganti mesin dan membawa pulang kembali hp tersebut.

Karena sudah putus asa mencari solusi dan akhirnya udah mentok dengan keadaan, akhirnya hp admin pesniunkan dan admin simpan hingga 4 bulan dan tidak pernah admin hidupkan.

Setelah beberapa bulan admin simpan tuh hp dan tidak pernah admin hidupkan lalu admin kepikiran sama tuh hp untuk ngebenarin nya lagi dan coba admin hipukan kembali iseng iseng ngetes  batrai admin kirain tuh batrai setelah 4 bulan nga di pake ternyata masih ada isinya, Nah pas saat mau hidupin hp ternyata hanya logo intel yang keluar biasanya ada bacaan android dengan logo intel pas saat pertama dihidupkan nah kenapa lagi ini?"waduh tambah parah aja nih hp" ujar admin.

Tambah pasarh aja dah dengan keadaan lalu hp admin kasihkan ke teman untuk coba di perbaiki kanya sih ic room nya rusak dan sekarang lagi proses perbaikan kita tunggu kelanjutannya setelah ini ya.

Intinya jangan selalu mengupgrade frimware mentahan pada penyimpanan internal, Jangan selalu upgrade pada aplikasi, selalu bersihkan hp sobat dengan aplikasi yang bisa dipercaya kalau sudah ada aplikasi pembersih bawaan janngan memakai aplikasi pihak ketiga yang lainnya lagi.

Sekian cerita singkat dariadmin mudah mudahan bisa jadi pembelajaran bagi sob yang menggunakan smartphone.

Comments

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan sesuai dengan artikel.